Kapolda Sulut Dorong Penyelenggara Dan Peserta Pilkada Taati PKPU No 10 Tahun 2020 Dan Protokol Kesehatan

Kapolda Sulut Dorong Penyelenggara Dan Peserta Pilkada Taati PKPU No 10 Tahun 2020 Dan Protokol Kesehatan
Suasana Rapat

Manado-Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol RZ Panca Putra memimpin rapat bersama dengan penyelenggara Pilkada dan stakeholders terkait, di aula Ditlantas Polda Sulut, Selasa (15/9/2020).

Dalam rapat tersebut, Kapolda mendorong sekaligus mengajak penyelengara dan seluruh peserta Pilkada di Sulawesi Utara agar melaksanakan tahapan Pilkada Serentak 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kapolda meminta baik penyelenggara maupun seluruh peserta Pilkada dan masyarakat mematuhi Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup, dan Walikota dan Wawali serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam covid-19.

"Kita minta kepada semua pihak agar mematuhi Peraturan KPU nomor 10 tahun 2020, untuk mencegah penyebaran covid-19 di masa Pilkada Serentak ini, " ujar Irjen Pol Panca Putra.

Menurut Kapolda, pengalaman saat pendaftaran paslon, masih terdapat banyak pelanggaran terutama terkait upaya pencegahan covid-19.

"Di dalam Peraturan KPU ini sudah diatur bagaimana teknis pelaksanaan pilkada dengan tetap memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan covid-19, " ujar  Irjen Pol Panca Putra.

Peraturan KPU ini nantinya akan menjadi pedoman bagi seluruh pasangan calon dan semua penyelenggara pilkada ini, dengan memperhatikan upaya penyebaran covid-19 selama masa pelaksanaan pilkada.

Dalam rapat tersebut, Kapolda juga meminta seluruh stakeholders khususnya Pemerintah Daerah untuk menindaklanjuti Inpres Nomor 6 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

Kapolda mendorong Pemerintah Daerah untuk menjadikan baik itu Pergub, Peraturan Walikota maupun Peraturan Bupati, menjadi Peraturan Daerah (Perda) yang memiliki kepastian hukum terkait pendisiplinan pencegahan covid-19.

"Harus ada sanksi tegas dan mendidik agar masyarakat patuh terhadap Peraturan Daerah, khususnya dalam pencegahan penyebaran covid-19, " ujar Irjen Pol Panca Putra.

Iapun berharap masyarakat memiliki kesadaran tinggi dalam upaya mencegah penyebaran covid-19, dimulai dari sendiri, dengan memperhatikan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

Hadir dalam rapat bersama, Ketua KPU Sulut, Bawaslu, Pemerintah Provinsi, Kejati dan Pengadilan.(***/Steven Pande-iroot)

Manado Sulawesi Utara
INDONESISATU.CO.ID

INDONESISATU.CO.ID

Previous Article

Keberatan Maybank Selaku Kreditur Diterima,...

Next Article

Pemkot Manado Gelar Rapat Evaluasi SAKIP...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 136

Postingan Tahun ini: 572

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 131

Postingan Tahun ini: 908

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas

Follow Us

Recommended Posts

Terapkan Prokes, Polres Bolmong Laksanakan Pemeriksaan Awal Penerimaan Anggota Polri Terpadu TA 2021
Sabung Ayam Marak Saat Masa Pandemi, Resahkan Warga Minsel
Tandatangani Pakta Integritas, Kapolres Bolmong Berharap Agar Penerimaan Anggota Polri Berjalan Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis
Paripurna, Hengky:  Untuk Bitung Hebat MM-HH  Siap Tindak Lanjuti Laporan Reses
Muswil IX  Apeksi Gorontalo, Hengky: Pemkot Bitung Tanam Bibit Glodokan