Dalam Rakor Persiapan Kampanye, Kapolda Sulut Sebut Penting Komitmen Bersama Wujudkan Pilkada Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Dalam Rakor Persiapan Kampanye, Kapolda Sulut Sebut Penting Komitmen Bersama Wujudkan Pilkada Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Manado-Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra mendorong semua pihak, terutama para penyelenggara, peserta dan para pendukung dalam Pilkada Serentak 2020, untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Menurutnya, perlu disusun sebuah kesepakatan bersama, komitmen bersama agar pelaksanaan pilkada berjalan aman, sejuk, damai dan sehat serta memperhatikan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Kapolda Sulut saat menyampaikan arahan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, di Hotel Fourpoints Manado, Kamis (17/9/2020) diikuti oleh para Penyelenggara Pemilu, partai politik, perwakilan bakal calon, yang juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sulut.

"Kenapa itu penting, karena apapun peraturan dibuat, tidak akan mampu mengakomodir semua hal secara utuh. Banyak permasalahan yang muncul di lapangan yang mungkin saja tidak tertuang dalam peratuan tersebut, " ujar Irjen Pol Panca Putra.

Untuk itu katanya, disepakati melalui Kesepakatan Bersama itu. "Selain mengatasi masalah yang timbul karena tidak ada aturan, kita juga memperkuat sanksinya, harapannya seperti itu, " ujar Irjen Pol Panca Putra.

Di kesempatan itu juga, Kapolda menegaskan bahwa Polri tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada.

"Polri berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan pilkada yang demokratis, diperlukan netralitas aparat keamanan. Polri sudah berkomitmen tidak ada tawar menawar, netralitas Polri itu menjadi prasyarat utama, " tegas Irjen Pol Panca Putra.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga berharap, tidak hanya netralitas Polri yang dibutuhkan, tapi semua penyelenggara tetap menjaga netralitas sehingga pelaksanaan pilkada serentak 2020 bisa berjalan secara demokratis.

"Ini sudah kita sosialisasikan dan terus kita lakukan pengawasan, sejauh mana anggota di lapangan menunjukan netralitas ini. Kalau ada anggota yang dianggap tidak memiliki netralitas silahkan berikan masukan. Dan teman-teman Bawaslu silahkan melakukan pengawasan terhadap masalah ini, " ujar Irjen Pol Panca Putra.(***/Hms/Steven Pande-iroot)

Manado Sulawesi Utara
INDONESISATU.CO.ID

INDONESISATU.CO.ID

Previous Article

Gelar Ibadah Bersama, Danlanud TNI AU Samrat...

Next Article

Peduli Pelajar, Ditpolairud Polda Sulut...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 136

Postingan Tahun ini: 572

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 131

Postingan Tahun ini: 908

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas

Follow Us

Recommended Posts

Terapkan Prokes, Polres Bolmong Laksanakan Pemeriksaan Awal Penerimaan Anggota Polri Terpadu TA 2021
Sabung Ayam Marak Saat Masa Pandemi, Resahkan Warga Minsel
Tandatangani Pakta Integritas, Kapolres Bolmong Berharap Agar Penerimaan Anggota Polri Berjalan Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis
Paripurna, Hengky:  Untuk Bitung Hebat MM-HH  Siap Tindak Lanjuti Laporan Reses
Muswil IX  Apeksi Gorontalo, Hengky: Pemkot Bitung Tanam Bibit Glodokan