Kapolri Pantau Langsung Pengamanan Misa Kamis Putih di Gereja Katedral Manado

Kapolri Pantau Langsung Pengamanan Misa Kamis Putih di Gereja Katedral Manado

MANADO - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memantau situasi dan jalannya pengamanan ibadah misa Kamis Putih, di Gereja Katedral Hati Tersuci Maria Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (01/04/2021) malam. 

Ibadah tersebut dimulai sekitar pukul 18.00 WITA, yang dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC.

Kapolri usai pemantauan di Gereja Katedral Manado, mengatakan, Manado adalah salah satu wilayah yang berpenduduk nonmuslim kurang lebih hampir 70 persen. 

“Kami ingin memastikan bahwa kegiatan perayaan mulai dari misa Kamis Putih, Jum’at Agung, dan Minggu Paskah berjalan dengan baik, ” ujarnya, di depan sejumlah awak media.

Lanjut Kapolri, hasil diskusi dengan pastor Gereja Katedral Manado, bahwa seluruh rangkaian ibadah tetap berjalan normal seperti biasa, tidak terpengaruh dengan peristiwa bom di Makassar ataupun kejadian di Mabes Polri baru-baru ini.

“Dan ini juga saya yakinkan kepada seluruh masyarakat khususnya umat Nasrani, tidak usah terganggu dengan peristiwa yang terjadi, peristiwa bom Makassar akan kita ungkap sampai tuntas, ” tegas Kapolri.

Terkait kejadian di Makassar, lanjutnya, hingga Kamis ini pihaknya sudah mengamankan kurang lebih 20 orang.

“Sementara untuk kejadian di Mabes Polri, tersangkanya juga sudah dilumpuhkan dan tidak mengganggu aktivitas di Mabes Polri dan tidak mengganggu kegiatan operasional pengamanan oleh Mabes Polri, ” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolri meyakinkan bahwa TNI-Polri bersama organisasi massa yang selalu bekerjasama, siap untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan pengamanan ibadah yang akan dilaksanakan mulai dari Kamis Putih hingga Paskah nanti.

“Dan diharapkan seluruh masyarakat bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan tenang, aman, dan tidak ada kekhawatiran, ” harapnya.

Pada kesempatan ini pula, Kapolri dan Panglima TNI serta seluruh Forkopimda Sulawesi Utara mengucapkan selamat melaksanakan ibadah Paskah bagi seluruh umat Nasrani baik yang ada di Manado, Sulawesi Utara maupun seluruh Indonesia.

Kapolri kembali meyakinkan bahwa TNI-Polri beserta seluruh ormas yang selama ini selalu bekerjasama dalam kegiatan kerukunan umat beragama, menyatakan siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan.

“Sekali lagi kami mengimbau seluruh masyarakat agar bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan aman, nyaman, dan tidak ada kekhawatiran sama sekali. Karena kami TNI-Polri akan melaksanakan kegiatan pengamanan secara optimal dan seluruh kegiatan ibadah bisa berjalan dengan baik, ” pungkas Kapolri.

Selanjutnya, Kapolri melanjutkan pemantauan serupa di Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Jemaat Paulus, yang berada tak jauh dari Gereja Katedral Manado.

Turut mendampingi Kapolri, beberapa Pejabat Utama Mabes TNI dan Mabes Polri, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Gubernur Sulut Olly Dondokambey beserta Forkopimda Sulut lainnya, dan para tokoh agama.(***/Steven)

Manado Sulawesi Utara
Steven

Steven

Previous Article

Bapemperda DPRD Sulut Sambangi Kantor Walikota...

Next Article

Hadiri Acara Tanwir 1 Literasi Kebangsaan...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 136

Postingan Tahun ini: 572

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 131

Postingan Tahun ini: 908

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas

Follow Us

Recommended Posts

Terapkan Prokes, Polres Bolmong Laksanakan Pemeriksaan Awal Penerimaan Anggota Polri Terpadu TA 2021
Sabung Ayam Marak Saat Masa Pandemi, Resahkan Warga Minsel
Tandatangani Pakta Integritas, Kapolres Bolmong Berharap Agar Penerimaan Anggota Polri Berjalan Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis
Paripurna, Hengky:  Untuk Bitung Hebat MM-HH  Siap Tindak Lanjuti Laporan Reses
Muswil IX  Apeksi Gorontalo, Hengky: Pemkot Bitung Tanam Bibit Glodokan