Data Diragukan, Nasabah Bank Mega Manado Adukan Nasibnya Ke Lembaga Perlindungan Konsumen Sulut

Data Diragukan, Nasabah Bank Mega Manado Adukan Nasibnya Ke Lembaga Perlindungan Konsumen Sulut
Alex Sumayku, Sekretaris LPK RI Sulut

Manado - Salah satu nasabah Bank Mega Manado atas nama LO mengadukan nasibnya kepada Lembaga Perlindungan Konsumen(LPK) Sulawesi Utara pada hari Kamis(17/09/2020).

Dimana diterangkan dalam pengaduannya, bahwasannya dirinya dahulu pernah mengajukan pinjaman pada bulan Oktober 2011 dan disetujui pada bulan Februari 2012, dan dibuatkan akad di hadapan akta notaris Thelma Andries dengan pinjaman sebanyak Seratus Dua Puluh Juta Rupiah dengan jangka waktu 5 tahun/60 bulan, namun salinan kedua dari perjanjian tersebut tidak diberikan kepada nasabah.

Dan berjalannya waktu, nasabah terus membayarkan kewajibannya sebanyak 30 bulan dengan angsuran perbulan Rp 3.053.000 Rupiah, jadi totalnya Rp. 94.643.000, telah dibayarkan.

Pada angsuran ke-31 di bulan Desember tahun 2014, nasabah mengalami kesulitan pembayaran dikarenakan usaha Depot Air Minum miliknya yang terletak di Kelurahan Banjer mengalami musibah banjir.

Di bulan Desember 2014, nasabah dipanggil oleh pihak Bank Mega untuk melakukan penjadwalan ulang dan itu diterima oleh nasabah, karena nasabah berpikir dapat menyelesaikan sisa hutangnya. Namun, dokumen penjadwalan tersebut juga tidak diberikan kepada nasabah.

Selanjutnya di dalam pengaduannya, konsumen telah menjalani selama 62 bulan mulai dari Januari 2015 sampai Februari 2020 dengan angsuran perbulan Rp. 2.000.000, jadi telah terbayar Rp. 124.000.000.

Dengan perhitungan pembayaran Rp.94.643.000 ditambah Rp. 124.000.000 menjadi Rp. 218.643.000, padahal pinjaman hanya Rp. 120.000.000.

Hal tersebut menjadi tanda tanya nasabah, sesungguhnya berapa banyak lagi yang harus dibayarkan agar utangnya lunas, berbagai upaya dilakukan oleh nasabah namun tidak ada informasi yang jelas disampaikan oleh pihak Bank, sehingga membuat nasabah mengadukan nasibnya ke Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) RI Sulawesi Utara.

Ketua LPK Sulut, Stevie Sumampouw lewat sekretarisnya, Alex Sumayku membenarkan pengaduan tersebut.

Menurut Alex Sumayku bahwasannya sesuai Permendag no: 20/2009 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pengawasan Barang dan atau Jasa pasal 1 angka 15 dikatakan Klausula baku adalah setiap aturan atau ketentuan dan syarat-syarat yang telah dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam suatu dokumen dan/atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen.

Lebih lanjut diterangkan oleh Alex Sumayku yang didampingi Puce Alatas pengawas LPK Sulut, bahwa UU no.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 1 angka 3 berbunyi pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negra Republik Indonesia baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.

"Berkaitan dengan hal-hal tersebut, maka saya menilai hak konsumen tidak dipenuhi oleh pihak Bank Mega Manado sebagaimana pasal 4 UU No.8/1999 itu, " ucap Alex Sumayku, Jumat (18/09/2020) kepada wartawan di kantor LPK Sulawesi Utara.

Dan juga ditambahkan oleh Alex Sumayku, menindaklanjuti pengaduan tersebut, pihak LPK RI Sulut telah menyambangi kantor Bank Mega Manado di Komplek Kawasan Mega Mas, Jumat Siang(18/09/2020) tadi, dan ditemui oleh pegawai Bank Mega sebanyak 4 orang, dan dalam pertemuan pihak Bank Mega tidak dapat menjelaskan sehingga akan ada pertemuan lanjutan pada Senin depan.

Turut hadir di Kantor Bank Mega Manado, Ketua LPK Sulut Stevie Sumampouw, Sekretaris Alex Sumayku, Puce Alatas, Indriany Montolalu serta Ronald Sengkey.

Pihak Bank Mega Manado sendiri ketika berita ini terbit belum berhasil ditemui.(Steven).

Manado Sulawesi Utara
INDONESISATU.CO.ID

INDONESISATU.CO.ID

Previous Article

Termohon Ragukan Putusan Perkara Perdata...

Next Article

Terbitkan SK Pemberhentian Jakson Kumaat,...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 136

Postingan Tahun ini: 572

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 131

Postingan Tahun ini: 908

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas

Follow Us

Recommended Posts

Terapkan Prokes, Polres Bolmong Laksanakan Pemeriksaan Awal Penerimaan Anggota Polri Terpadu TA 2021
Sabung Ayam Marak Saat Masa Pandemi, Resahkan Warga Minsel
Tandatangani Pakta Integritas, Kapolres Bolmong Berharap Agar Penerimaan Anggota Polri Berjalan Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis
Paripurna, Hengky:  Untuk Bitung Hebat MM-HH  Siap Tindak Lanjuti Laporan Reses
Muswil IX  Apeksi Gorontalo, Hengky: Pemkot Bitung Tanam Bibit Glodokan