Ada Warga Meninggal, LSM Inakor Manado Sorot Pelayanan Kesehatan Puskesmas Bunaken Kepulauan

Ada Warga Meninggal, LSM Inakor Manado Sorot Pelayanan Kesehatan Puskesmas Bunaken Kepulauan
Herol Caroles, Ketua LSM Inakor Kota Manado

Manado-Pelayanan kesehatan Puskesmas Bunaken kepulauan jadi sorotan LSM Inakor Manado dibawah kepemimpinan Herol Caroles.

Pasalnya, Selasa (26/10/2021) pagi dari informasi yang masuk ke LSM Inakor Manado bahwa ada warga Bunaken kepulauan yang sangat membutuhkan pertolongan tenaga kesehatan karena secara tiba-tiba di pagi hari warga tersebut rubuh di saat sementara bekerja, sehingga membuat pihak keluarga dan rekan-rekan warga tersebut berupaya mencari pertolongan ke Puskesmas Bunaken Kepulauan, namun tidak didapati seorangpun pegawai disana.

Akhirnya pihak keluarga terus berupaya mencari sesuatu agar warga tersebut dapat memperoleh bantuan, dan alhasil sempat diperoleh bantuan oksigen milik salah satu diving yang ada di kepulauan Bunaken dengan harapan dapat menolong warga tersebut.

Seiring sejalan, menurut Frets Pieter salah satu keluarga bahwa karena tak didapatinya tenaga kesehatan, maka warga dan keluarga mencari tenaga kesehatan yang sebelumnya bertugas di Puskesmas Bunaken Kepulauan di rumahnya, dan berhasil ditemui.

"Warga masyarakat mencari tenaga kesehatan yang harusnya standby di puskesmas tapi saat kejadian untuk meminta pertolongan tindakan medis tidak ada di puskesmas tetapi masih di rumah", ucap Frets Pieter.

Bersama warga, Cora Matoangin sang tenaga kesehatan tersebut menyambangi rumah warga yang membutuhkan pertolongan.

Namun berjalannya waktu, Jacobus Pieter warga Bunaken kepulauan yang membutuhkan pertolongan tenaga kesehatan tersebut akhirnya meninggal dunia dihari yang sama.

"Jikalau informasi tersebut benar, kami menyesalkan ketiadaan tenaga kesehatan di Puskesmas Bunaken Kepulauan tersebut padahal ada warga yang sangat membutuhkan pertolongan, apalagi warga tersebut sekarang telah meninggal dunia', ucap Ketua LSM Inakor Manado, Herol Caroles didampingi Wengsy Kasehung kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Kepala Puskesmas Bunaken Kepulauan, Stenly Rawung ketika dihubungi wartawan mengatakan bahwasannya pagi itu ada tenaga kesehatan dua orang, namun yang satu pergi memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah masyarakat, sedangkan yang satu lagi yang membantu warga tersebut sebelum akhirnya meninggal dunia.

Menariknya, disampaikan oleh Kepala Puskesmas Bunaken Kepulauan, bahwa terdapat 16 pegawai ASN yang bekerja di Puskesmas tersebut termasuk dirinya, namun pada saat pagi itu tidak didapati satupun ASN tersebut berada di tempat, justru tenaga kesehatan yang piket tersebut adalah tenaga harian lepas yang belum memiliki SK namun diberikan tanggung-jawab memberikan pelayanan kesehatan.

Menurut Herol, kebijakan tersebut sangatlah berbahaya harusnya tenaga harian lepas tidak boleh diberikan tanggungjawab sebelum ada Surat Keputusan (SK), semestinya para ASN lah yang bertugas bukan THL yang belum jelas statusnya.

"Ini bahaya, masa Tenaga Harian Lepas(THL) yang belum di SK kan yang diberikan tugas dan tanggungjawab, mana ASN yang digaji oleh negara", ujar Herol kesal.(Steven)

Manado Sulawesi Utara
Steven

Steven

Previous Article

Lewat Vidcon, Danlantamal VIII Ikuti Rapat...

Next Article

Dapat Kejutan di Hari Ultah, Danlantamal...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 136

Postingan Tahun ini: 572

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 131

Postingan Tahun ini: 908

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas

Follow Us

Recommended Posts

Terapkan Prokes, Polres Bolmong Laksanakan Pemeriksaan Awal Penerimaan Anggota Polri Terpadu TA 2021
Sabung Ayam Marak Saat Masa Pandemi, Resahkan Warga Minsel
Tandatangani Pakta Integritas, Kapolres Bolmong Berharap Agar Penerimaan Anggota Polri Berjalan Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis
Paripurna, Hengky:  Untuk Bitung Hebat MM-HH  Siap Tindak Lanjuti Laporan Reses
Muswil IX  Apeksi Gorontalo, Hengky: Pemkot Bitung Tanam Bibit Glodokan